Selasa, 26 Maret 2013

Guard & Check

Halo semua :D
Barusan gue lagi chat dengan teman gue yang di beda pulau dan membicarakan tentang 'kekasih'nya yang di pulau yang saat ini gue tinggali itu sering kebuli-buli kalo main VG :v

Terus temen gue nganjurin untuk ngadain Workshop untuk meningkatkan kualitas VG. Cuma entah bagaimana pembicaraan kami, akhirnya gue mutusin untuk bikin di Blog saja :) Kata temen gue sih, mungkin bakalan pro-con, tapi tetap gue bikin Blog ini, karena gue hanya membagikan apa yang menjadi persepsi gue, diterima atau nggaknya ya terserah.

Kali ini pembahasan kita adalah, Power harus kemana kalo ke-Check ini, lawan guard 2 trigger dan kondisi RG dan hand seperti blablabla ... Atau kalo kondisi lawan kayak gitu, kita harus guard berapa blablabla ... Dan kadang kita cuma bisa bilang 1 hal : TERGANTUNG

Dan disini gue akan memberikan Kondisi yang BIASANYA terjadi saat Fight. Dan sebelum gue mulai, gue bilang dulu kalau ini HANYA TEORI yang cukup masuk akal dan biasanya SAMA INDAHNYA dengan kenyataan, biasanya juga kagak :v .
Tidak ada jawaban YANG SALAH disini, hanya perbedaan persepsi dan disini saya membagikan apa yang menjadi persepsi saya disini, kritik saran masukan tambahan tetap saya terima :)
Dan beberapa yang pernah saya bagikan persepsi saya ini, dapat memiliki peringkat yang jauh lebih baik di Tournament, disaat itu pula gue sadar kalo banyak yang masih belum punya persepsi seperti ini.
Semoga garis2 dibawah dapat dimengerti :)

Oh ya, siapkan waktu yang cukup lama ya untuk membaca ini semua agar benar2 bisa dipahami :)

Oh ya, karena artikel ini BAKALAN Sangat PANJANG , ane bagi jadi 2 saja ya, untuk kali ini kita bahas yang GUARD terlebih dahulu :)

MERAH = PENYERANG dengan jumlah POWER SETELAH BOOST ! Gak ada tulis Grade berapa, berarti TWIN DRIVE (Grade 3)  <LAWAN KAMU MERAH>
BIRU = YANG DISERANG dengan jumlah POWER unit tersebut ! <KAMU BIRU>
 

GUARD

PRIORITAS
Prioritas dalam ngeguard sangat penting, gak hanya sekedar sembarangan guard asal effect gak jalan.
Urutannya sekaligus langsung saya jelaskan:

1. Kalo damage kamu 5, selama bisa GUARD ya GUARD aja, lakukan perhitungan total GUARDmu untuk menahan semua serangan. Kalau masih bisa GUARD, ya GUARD aja! Kalau uda gak bisa, kamu NO-GUARD saja gak perlu menghabiskan Hand-card, manatau kamu dapat Heal Trigger. Tapi kalo kondisinya kamu bisa tahan RG1 cuma 5000, lalu VG kamu perlu 10000 dan RG2 perlu 10000 , sedangkan kamu bisa guard 20000 saja, saat RG1nya menyerang, GUARD saja. Hand kamu habis lebih sedikit dibanding kamu dapat heal diserangan yang padahal kamu cuma butuh goceng untuk tahan.

4. Kalo damage kamu sudah 4 dan Vanguard menyerang, PILIHAN yang lebih baik kamu pilih antara GUARD PENUH, GUARD 2 Trigger, atau NO Guard. Jangan Guard 1 Trigger tembus, kenapa? Karena kalopun kamu Guard 1 trigger, kalo lawan Drive Check dapat Critical ya sama aja mampusnay dengan kamu NO GUARD sama sekali. Kecuali, Power RG lawan lebih kuat dibanding power VG lawan, atau kamu mau ngiseng ya silahkan Guard 1 trigger tembus.

3. Kalau sayang karena handcard-mu bagus dipakai untuk dicall daripada diGuard, kamu NoGuard saja asal bukan Kondisi 2 di atas. Kalo handcardmu gak bisa dipakai buat Guard yasudah No Guard. Kalo kamu butuh Damage untuk LB/CB ya No Guard juga.

Jadi, BAGAIMANAPUN kondisi di bawah ini kalau Damage-mu sudah 4 atau 5, tetap GUARD dengan cara atas.
Apabila Kondisi A yang terjadi dan VGnya menyerang, Guard 5000 saja! Mengapa?
*Ketika dapat Trigger, powernya harus ke VG , membuat RGnya gak bisa serang. Apabila tak kamu Guard, ketika lawan Drive Check dapat Trigger, itu memberikan lawanmu serangan kedua, kecuali kamu Damage Check juga trigger.
*Kalau lawan Drive Check gak dapat trigger, Advantagemu karena dengan guard goceng saja kamu tidak terima Damage di turn ini, unless kamu perlu CounterBlast ya silahkan terima damage.
*Kalau Guard 10000, Powernya sudah pasti ke RG dan RGnya SUDAH PASTI Bakal nyerang kamu lagi! Unless, kamu di turn ini sama sekali gak mau terima Damage (Dan memang harus begini kalau kondisi Damage-mu sudah 4 atau 5)
*Apabila kamu punya RG power 9000 or lower Grade 2 dan lawan menyerang dengan VG duluan, Langsung Intercept saja! Tapi biasanya sih RG lawan yang 9000 bakal menyerang RGmu duluan ..

Apabila Kondisi B yang terjadi, dan kamu punya tujuan untuk membuat VIVIANE lawan tidak dapat mengaktifkan effect (yang lebih effective) dan VGnya yang menyerang duluan, GUARD 5000 saja!
*Kalau lawan Drive Check gak dapat Trigger, ya udah kamu Guard 10000 untuk Viviane
*Kalau lawan Drive Check dapat 1 Trigger (biasanya selalu ke VG), kamu bisa Guard 5000 atau 10000 untuk Viviane
*Kalau lawan Drive Check dapat 2 Trigger (1 ke VG 1 ke Viviane), kamu bisa Guard 5000-15000 untuk Viviane, tergantung Damage Checkmu dan apakah kamu diCritical-kan atau tidak.
*Kenapa 5000 tidak 10000 ? Karena kalau Guard 10000, BIASANYA kalo lawan dapat Trigger (1st Check maupun 2nd Check), pasti ngasi ke Viviane.
*Kk seandainya Viviane yang serang duluan gimana? Ya bodo amat kan tujuanmu supaya VIVIANE Gak aktif effect, ya LANGSUNG Guard aja!

Apabila RG lawan non-Viviane atau yang syarat aktifnya mirip Viviane (When this unit attack hits ...), dan VG Lawan menyerang duluan, paling enggak kamu Guard 10000 atau 15000 Guard!
Kalau RG yang menyerang duluan, No Guard saja lalu Guard VG nya 10000 atau 15000

Alice dan Silent Tom yang di RG juga sering jadi target serangan. Kalau cuna butuh 10000 untuk Guard, kamu BOLEH Guard mereka. Tapi kalau udah tembus 15000, sayang banget mending dibiarin KO aja. Kecuali, kalo memang kamu sangat terpaksa membutuhkan mereka karna uda gak ada RG lagi.

Nah kejadian C dan D ini juga sering terjadi nih.
Kalo kejadian C:
- Apabila urutan lawan menyerang R V R
*R --> No Guard. Kalo kamu dapat trigger:
**V--> No Guard. Sisanya sudah bisa mutusin sendiri deh :D
*R --> No Guard. Kalo gak dapat trigger:
**V --> Kalo No Guard dan kamu perlu guard selembar (5000-1000) untuk RG ketiga lawan, Guard saja. Otherwise (perlu 15000 atau bahkan ga perlu), No Guard saja.
**V --> Kalo di hand-card kamu ada yang 5000 sebanyak 2 lembar, lempar 5000 saja untuk Guard serangan ini. Dapat trigger atau gak, kamu tetap butuh 5000 untuk Guard 5000 di RGnya.
- Apabila urutan lawan menyerang R R V
*R --> No Guard. Kalo kamu dapat trigger, pasti V nya yang nyerang, balik ke yang di atas.
*R --> No Guard. Kalo kamu gak dapat trigger, No Guard saja lagi. Kalo dapat Trigger,
 V serang kamu boleh guard 5000 atau No Guard. Tapi kalo gak dapat trigger, kamu Guard saja agar damagemu gak terlalu banyak, kecuali kamu mau LB4 atau perlu CB.
- Apabila urutan lawan menyerang V R R
*V --> No Guard. Kalo kamu dapat trigger, yang berikutnya kalo perlu di guard ya di Guard saja.
*V --> No Guard,
**Kalo kamu gak dapat trigger dan lawan gak dapat trigger, No Guard R1 nya. Kalo dapat trigger ya R2 gak bisa serang, End Turn deh. Kalo gak dapat trigger lagi, yaudah guard yang ketiga.
**Kalo kamu gak dapat trigger dan lawan dapat 1 trigger, Guard kalo cuma perlu 5000
**Kalo kamu gak dapat trigger dan lawan dapat 2 trigger (untuk R1 dan R2), No Guard R1 nya, dan R2nya kamu tahan.
**Kalo kamu gak dapat trigger dan lawan dapat 2 trigger (untuk R1 aja), R2 Guard dan R1 No Guard.

Kalo kejadian D:
Kurang lebih sama dengan kejadian C, namun yang ini PASTINYA hand card yang kamu pakai untuk GUARD lebih sedikit karena MAXIMAL Trigger yang lawan bisa dapatkan sebanyak 1.

RG Ramai dan Kosong
- Apabila RG Lawan Ramai dan VG nya menyerang duluan, kamu boleh lebih tenang Guard 2 Trigger tembus
- Apabila Lawan tidak ada RG untuk menyerang (Antara RGnya kosong atau udah REST semua), Kamu harus WASPADA meskipun kamu Guard 2 Trigger tembus, jadi ya Guard sampai tidak tembus saja~ Karena kalo waktu Drive Check dan dapat Trigger, Sudah Pasti Powernya ke VG. Ya kecuali kalo lawan kamu sedang main kartu AquaForce yang baru yang RGnya bisa stand lagi kalo Persona Blast.

KONDISI PUTARAN AKHIR
Kalau kamu lihat kondisi Hand Card dan RG kedua Player dan kamu ngerasa SUDAH PASTI Menang, Kalo VG lawan menyerang kamu GUARD hingga bagaimanapun caranya serangan lawan TIDAK BISA Ditembus, dengan catatan PERHITUNGAN Guardmu cukup.
*Misal, 3 Baris lawan mempunyai Power 20000 saat menyerang dan Vanguardmu 10000, kamu HARUS punya minimal 50000 Guard, 20000 Untuk Guard VGnya, dan jaga2 apabila Twin Drive lawan Double Trigger ke masing2 RG (jadi 25000 menyerang 11000mu), kamu butuh 15000 untuk menahan keduanya, PAS Habis ! Tapi kalo Guard kamu gak sampai 50000, lebih baik Guard 2 Trigger saja karena kalo Guard penuh dan lawan kamu Twin Drive Double Trigger pun kamu tetap kalah kecuali Heal.
 
Pertanyaan dan Tambahan serta Kritik dan Saran dapat kamu comment di Blog ini, thanks :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar