Selasa, 02 Oktober 2012

Introduce to CardFight! Vanguard

CardFight! Vanguard adalah salah satu Card Game keluaran Bushiroad yang saat ini paling populer. CardFight! Vanguard sendiri memiliki berbagai bahasa yang bisa kita pilih sesuai keinginan sendiri, baik bahasa Jepang maupun Inggris yang beredar di Indonesia. Untuk menonton Anime-nya , kamu dapat menontonnya via Youtube , maupun mendowloadnya.

Langkah awal dalam bermain CardFight! Vanguard, tentunya dengan memilih Clan apa yang ingin dimainkan? Sebelum memilih Clan yang ingin dimainkan, ada baiknya kita mengenali satu per satu Clan yang telah ada di CardFight! Vanguard.

Untuk cara bermain, gue yakin sudah banyak referensi yang bisa dilihat. Namun kami menyarankan Anda lebih baik menonton langsung Anime CardFight! Vanguard Episode 1 hingga Episode 8 , kemudian datang ke Card Shop terdekat untuk minta arahan.

http://www.youtube.com/watch?v=W-UQsVW4-MU <-- Episode 1

Pengenalan bahasa dalam bermain CardFight! Vanguard :
- Starting/Starter : Grade 0 yang ditaruh di Vanguard saat awal permainan secara tertutup sebelum dimulainya permainan
- Ride : Menaruh kartu di atas Vanguard
- Call : Menaruh kartu di bagian Rearguard
- Perfect/Null Guard : Kartu dengan Guard 0 , artinya serangan sudah pasti tidak tembus

Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang masing-masing clan. Untuk selebihnya, Kamu bisa cek dengan mengklik Link yang ada di bawah. Hingga saat ini baru 6 clan (yang ada Trial Deck) yang dibuat artikel terperincinya. Cara membaca agar tidak menghabiskan banyak waktu, cukup melihat page ini dari atas sampai bawah, kemudian memilih beberapa clan yang membuat kamu tertarik, lalu lihat yang lebih rinci di dalamnya.

United Sanctuary
- Royal Paladin 
Mayoritas kesatria, dengan beberapa anjing didalamnya. Clan yang cukup mudah untuk dimainkan oleh Newcomer. Trik bermain adalah dengan meramaikan kartu di arena.
- Shadow Paladin
Mayoritas kesatria kegelapan, diikuti dengan Patung kegelapan dan Naga kegelapan, serta beberapa ekor anjing dan hewan lainnya, seakan-akan memang bertempat tinggal di kastil kegelapan. Trik bermain berlawanan dengan Royal Paladin, mengorbankan kartu demi kekuatan.
- Gold Paladin
Setelah hilangnya Royal Paladin dan Shadow Paladin, mereka terlahir kembali di Clan Gold Paladin. Terdiri dari Para pejuang/kesatria, hewan, dan Gladiator yang berlapiskan emas. Trik bermain bisa seperti Royal Paladin (Blond Ezel) maupun Shadow Paladin (Spectral Duke Dragon) atau malah gabungan (Pellinore)
- Oracle Think Tank
Segala hal yang berbau mistis dan legenda yang ada di Jepang seperti Amaterasu (Dewi Matahari) dan Tsukuyomi (Dewi Bulan). Kamu yang merasa Pedobear atau pengen punya Deck moe, boleh menggunakan Deck ini. Ada beberapa patung dan burung sebagai hiasan. Kamu yang suka bermain dengan kartu tangan banyak boleh memainkan Deck ini.
- Angel Feather
Para perawat dan malaikat telah berkumpul menjadi clan Angel Feather. Kamu yang merasa sering badhand boleh menggunakan Deck ini, karena effectnya yang mayoritas menggantikan kartu dari Hand Card dengan Damage Zone. Dari segi gambar, ya cukup seksi, kecuali para pria.

Dragon Empire
- Kagero
Kamu suka dengan api ? Naga ? Atau dengan playstyle menghancurkan kartu lawan ? Deck ini lah yang tepat untukmu !
- Narukami
Kamu suka dengan listrik ? Naga ? Atau dengan playstyle yang unik dan simple ? Deck ini adalah jawabannya
- Tachikaze
Kamu suka dengan Dinosaurus ? Atau dengan playstyle yang mengorbankan kartu sendiri ? Deck ini adalah temanmu
- Murakumo
Kamu suka dengan Ninja ? Yokai ? atau mungkin hal-hal aneh ? Murakumo juga sangat murah untuk dimainkan
- Nubatama (uncompleted)
Sayangnya naga dan ninja yang satu ini belum bisa dimainkan secara complete, karena Bushiroad hingga saat ini belum punya rencana untuk mengeluarkan Trigger Nubatama. Mungkin karena effect yang cukup broken? Biasanya Nubatama digabungkan dengan Deck seperti Kagero atau Nova

Dark Zone
- Spike Brothers
Suka dengan keringat/olahraga ? Atau mungkin di Card Game sebelah kamu sering main Gladiator Beast ? Spike Brother lah jawabannya, dengan playstyle bolak balik dari Deck juga, dengan kemampuan serangan yang luar biasa membuat lawan kualahan untuk bertahan. Cukup mahal untuk dimainkan.
- Dark Irregulars
Suka numpukin kartu di soul ? Suka gambar setan, hantu dan sebagainya ? Deck ini cukup bisa ngetroll lawan, dengan kemampuan power Vanguard yang terkadang terlalu gila untuk ditahan.
- Pale Moon
Permainan Sirkus yang cukup menyenangkan ini tidak bisa dengan harga yang murah. Playstyle-nya adalah dengan pertukaran kartu antara Rearguard dengan Soul.

Magallanica
- Grand Blue
Bajak Laut, Zombie dan Tengkorak muncul di Clan yang satu ini. Playstyle-nya adalah dengan menghidupkan kartu di Drop Zone.
- Bermuda Triangle
Putri Duyung, bagi kamu yang suka main dengan gambar yang menyenangkan dengan play yang mudah, ini jawabannya.
- Aqua Force
Clan yang baru diluncurkan Bushiroad, digunakan oleh Leon di Anime CardFight! Vanguard. Dengan melakukan serangan ketiga atau keempat, akan ada effect drastis yang diberikan.

Zoo
- Megacolony
Serangga apapun berada di Clan ini. Tugasnya me'nidur'kan unit lawan, sehingga lawan tidak bisa menyerang.
- Great Nature
Banyak hewan seperti Panda, Serigala, Gajah, dan lain-lain .. Kerjaan Deck ini adalah menambahkan Power kemudian hilang di End Phase (Berserk).
- NeoNectar
Tumbuhan lucu dan beberapa moe + maho ada di Clan ini. Pada dasarnya, tumbuhan berkembang biak. Cara bermainnya pun membuat arena penuh dengan unit yang baik secara perlahan.

Star Gate
- Nova Grappler
Kalau kamu suka robot, kamu boleh pakai Clan ini. Cara bermainnya dengan Stand unit kemudian menyerang lagi. Tidak heran dalam 1 Battle Phase, Nova Grappler dapat menyerang 5x (mungkin lebih dengan Deck Stern Blaukruger)
- Dimension Police
Gundam, Ultraman dan Alien sang penjahat, menjadi 1 sebagai Clan Dimension Police. Dengan menambahkan power, unit akan mendapatkan effect atau dengan playstyle yang baru direlease di BT08, kamu bisa mengurangi power Vanguard lawan.
- Estranger (Uncompleted)
Para Keroro berkumpul di Clan ini. Namun saya rasa ini hanya Clan lucu-lucu buatan Bushiroad yang hanya ada kemungkinan 1% di-releasenya triggers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar